Senin, 17 Oktober 2011

Imam Ibnu Jarir Ath Thobari

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله والصلاةوالسلام على رسول الله وعلى آله ومن والاه أما بعد:
Beliau adalah Abu Ja’far Muhammad Ibnu Jarir Ath-Thobari yang dilahirkan di sebuah desa bernama Aamal merupakan salah satu wilayah Thobaristan (Sekarang ini Thobaristan terletak di sebelah utara Negara Iran) pada tahun 204 H.

Dan beliau dikenal sebagai seorang pemuda yang sejak kecilnya sangat mencintai ilmu, maka Ayahandanya memberikan motivasi (hasungan) kepada beliau untuk melakukan rihlah dan melakukan perjalanan dalam rangka memuntut ilmu sampai beliaupun mendapatkan ilmu yang sangat besar (luas) dalam keadaan beliau masih sangat belia. Dan beliaupun berkata tentang dirinya :

”Aku telah hafal Al Qur’an (dalam keadaan) aku berusia 7 tahun, dan aku telah sholat bersama manusia (mengimami manusia) dalam keadaan aku seorang anak berusia 8 tahun, dan aku telah menulis hadits dalam keadaan aku berusia 9 tahun. Dan ayahku telah melihatku dalam mimpi bahwasannya aku berada di hadapan Rosulullah dan bersamaku sebuah keranjang yang di dalamnya berisi batu yang mana aku melempar dengan batu tersebut di hadapan  beliau (Rosulullah). Dan dikatakan kepada ayahku “Sesungguhnya anakmu akan mengetahui berbagai disiplin ilmu agama dan (mudah-mudahan) dia (ibnu Jarir) akan  menjaga/membela syari’at Islam.

Beliau melakukan rihlah ke negeri Riyy (Suatu negeri yang terletak dekat dengan Theheran di Negara Iran) dan beliaupun mengambil ilmu dari ulama yang ada disana. Kemudian beliau rihlah ke negeri Kuufah dan di sana beliau bertemu dengan Muhammad Ibnal ‘Ala’ Al Mahdzaaniyy. Dan manusia (berbondong-bondong) pergi ke rumah beliau dan merekapun gaduh (meminta) agar beliau (Ibnul ‘Ala’) mengijinkan mereka untuk masuk, maka Ibnul ‘Ala’pun bertanya kepada mereka “Siapa diantara kalian yang hafal apa yang telah ditulis dariku????”
Maka At h-Thobari berkata_dan beliau (ketika itu) bersama kerumunan manusia_”Saya hafal apa-apa yang telah dituliskan darimu”. Maka Ibnul ‘Ala’ bertanya kepadanya (dalam rangka menguji) maka Imam Ath –Thobaripun menjawabnya. Maka beliaupun (Ibnul ‘Ala’) merasa bangga/kagum di dalam hatinya dan beliaupun mengetahui kemampuan (kecerdasan) Imam Ath Thobaari dan beliau telah mendengar dari nya (Imam Ath Thobaari) lebih dari 100.000 hadits.

Kemudian beliau rihlah ke Baghdad kemudian ke Mesir, dan beliau senantiasa melakukan rihlah (untuk menuntut ilmu) dalam waktu yang sangat panjang. Dan Ibnu Jarir Ath Thobari mengetahui setiap disiplin ilmu, sampai-sampai beliau menjadi seperti seorang qoori’ (pembaca Al Qur’an) yang tidak mengetahui  kecuali Al Qur’an dan seperti ahli hadits yang tidak mengetahui kecuali ilmu hadits dan seperti al faaqih (ahli fiqih) yang tidak mengetahui kecuali ilmu fiqih dan seperti ahli nahwu yang tidak mengetahui kecuali ilmu nahwu dan seperti haasib (ahli hitung) yang tidak mengetahui kecuali ilmu hitung. 

Telah datang kepada beliau seorang laki-laki untuk bertanya kepadanya tentang ilmu sya’ir dan beliau tidak mengetahuinya. Maka beliaupun berkata kepadanya :”Kembalilah kau padaku esok hari”. Dan beliaupun meminta kepada sahabatnya sebuah kitab tentang ilmu sya’ir milik kholil Ibni Ahmad, maka beliau membaca kitab tersebut pada malam harinya, maka beliaupun langsung mengetahui setiap cabang ilmu sya’ir dan beliau dapat memahami ilmu sya’ir tersebut dengan baik hanya dalam satu malam (saja).


Catatan [Ummu Abdirrohman Najiyah]
Masya Allah…..aina nahnu min haaulaa-i???
Mampukah kita menjadi seorang ibu/calon ibu yang dapat mengarahkan dan membimbing anak2 kita untuk seperti para aimmah mutaqoddimin???yang mana mereka bisa menghafal ratusan ribu hadits lengkap dengan sanadnya (asli nggak nyontek loo…) dalam usia yang relative muda. Hirsnya terhadap ilmu begitu tinggi, sampai-sampai mengahabiskan waktu mereka  hanya untuk rihlah fii tholabil ‘ilmi. 

Ya Allah bimbinglah kami untuk menjadi penuntut ‘ilmu, mencintai ‘ilmu dan ahlul ‘ilm yang dengan ilmu tersebut akan membimbing kita menuju shirothol mustaqim. Amiin yaa mujibassaa-ilin. 


Wallahu a’lam bish showaab.

Maroji’ : Silsilah Ta’lim Al Lughoh Al ‘Arobiyah (Al Qiroo’ah Mustawa Tsani’)
Diterjemahkan oleh : Al Faakiroh ilaa maghfiroti robbihaa
  Ummu Abdirrohman Najiyah Ibnat Kaswita